Langsung ke konten utama

Kejurnas Pelajar Perisai Diri Tahun IV Tahun 2018 Diselenggarakan Di Bandung



Acara yang pertama kali diselenggarakan pada tahun 2012 ini menjadi suatu rutinitas yang diselenggarakan oleh Keluarga Silat Nasional Perisai Diri.
Tujuannya adalah membentuk karakter pelajar menjadi pribadi yang 'Ksatria' dan menyukai proses.
Sesuai pesan dari pendiri Perisai Diri, bapak Raden Mas Soebandiman Dirjoatmodjo

"Siapa saja yang ingin meraih sukses, haruslah mendaki dan memanjatnya, bukan melompatinya"

Pesan yang sangat kuat untuk para pemuda dan pemudi generasi penerus ilmu silat Perisai Diri dimana pun berada.
Bahwa untuk mencapai sesuatu harus melewati satu persatu setiap tantangannya dengan berani, bukan dengan menghindarinya atau melompatinya.
Karena justru tantangan-tantangan tersebutlah yang akan membentuk diri menjadi lebih kuat dan tangguh.

Kembali lagi ke acara Kejurnas Pelajar Perisai Diri, kali ini diadakan di kota Bandung yang diikuti oleh 1.500 pesilat dari 364 sekolah yang berasal dari 14 provinsi dari seluruh Indonesia.

Ke 14 provinsi tersebut adalah:
1. Riau
2. Sumatera Barat
3. Lampung
4. Banten
5. Jawa Barat
6. Jawa Tengah
7. Jawa Timur
8. DKI Jakarta
9. D.I. Yogyakarta
10. Kalimantan Timur
11. Kalimantan Selatan
12. Sulawesi Utara
13. Bali
14. Papua  



Kejuaraan ini diselenggarakan pada tanggal 18 - 23 Desember 2018 yang bertempat di Gor Pajajaran dan Gor Tri Lomba Juang.
Kategori pertandingan yang diselenggarakan adalah:
1. Tarung Bebas 
2. Serang Hindar
3. Seni Tunggal Baku
4. Kerapihan Teknik Berpasangan Tangan Kosong dan Senjata
5. Kerapihan Teknik Asli Beregu
6. Kerapihan Teknik Asli Senjata
7. Solospell

Dan hasil akhir dari Kejurnas Pelajar Perisai Diri tahun ini adalah:

Juara umum untuk tingkat SMA diraih oleh SMAN 1 Cikalong Wetan dengan perolehan 6 emas dan 1 perunggu.
Disusul oleh SMAN 1 Sukawati Bali yang memperoleh 3 emas, 2 perak dan 1 perunggu.
Juga SMAN 2 Tabanan Bali yang memperoleh 2 emas dan 1 perak.

Juara umum untuk tingkat SMP diraih oleh SMP Insan Cendikia Mandiri Sidoarjo dengan perolehan 8 emas, 2 perak dan 3 perunggu.
Juara umum 2 diraih oleh SMPN 1 Gianyar Bali dengan 5 emas dan 2 perak.
Yang ke-3 diraih oleh SMPN 85 Jakarta dengan perolehan 3 emas, 1 perak, 1 perunggu.

Juara umum untuk tingkat SD diraih oleh SD Insan Cendikia Sidoarjo dengan perolehan 4 emas dan 1 perak.
Juara umum 2 diraih oleh SD Islam Sabilal Muhtadin Banjarmasin dengan 3 emas dan 1 perunggu.
Yang ke-3 diraih oleh SDN Karangkamulyan Kuningan dengan perolehan 3 emas.

Untuk pesilat terbaik diraih oleh M. Husni-SD Assalaam Bandung dan Imelda Joko Widodo-SDN Percobaan 2 Sleman (Tingkat SD), Dedik Prasetyo-SMP Insan Cendikia Mandiri Sidoarjo dan Putri Mayda Yusniar-SMPN 2 Tasikmalaya (Tingkat SMP), Ray Denay Mahesa-SMAN 10 Bandung dan Haifa Nabila-SMAN 10 Bandung.



Ajang seperti ini bukan sekadar mencari bibit unggul pesilat yang tangguh saja, namun juga untuk mempererat silaturahmi dan komunikasi diantara sesama pesilat Perisai Diri dimana pun berada, khususnya para penerus ilmu silat Perisai Diri, agar selain menjadi pribadi yang tangguh juga memiliki rasa kekeluargaan yang tinggi dan bangga meneruskan warisan budaya Indonesia.

#BloggerPerempuan #PencakSilat #PerisaiDiri #KejurnasPelajarPerisaiDiri #BudayaIndonesia #MartialArts



Komentar

  1. Wah keren banget ini acaranya. Mbak ikut jadi peserta juga atau malah pelatihnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya jadi salah satu panitianya sekaligus pelatihnya anak-anak :D

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Kuliner: Bakso Trisno Baros Cimahi

Habis berenang terbitlah lapaarrrr.. Berenang di Tirta Mulya Cimahi seru banget, padahal udah makan nasi goreng disana, tapi masih lapar, jadilah kami melipir ke Bakso Trisno 1 di Baros Cimahi, katanya sih ada Bakso Trisno 2 dan 3 nya juga, belum pernah kesana. Ini salah satu tempat makan bakso terenak di Cimahi, menurut kami loh yaa, hehehe. Lumayan deket setelah keluar tol Baros, belok kiri ke jalan HMS Mintareja terus belok kiri lagi ke jalan Baros, nyampe deh. Tempatnya selalu ramai pembeli, tapi beruntunglah hari itu kami dapat tempat kosong, ga perlu masuk waiting list. Begitu masuk langsung pesan ke bagian order, ada nota isian yang tinggal kita checklist aja sesuai pesanan yang kita inginkan. Biasanya saya pesan bakso thok, tapi kali ini lapar beraadh, jadinya pilih yamin manis dengan bakso kuah pisah. Pak suami nambah menu es campur, sementara anak-anak nambah jus alpukat, sedangkan saya? Minumnya cukup teh hangat saja, tapi sambil icip-ici

Kolam Renang Tirta Mulya Cimahi

Tiap liburan itu ga kepengen jauh-jauh.. Ya memang males kalau perjalanan jauh, soalnya musim liburan gini pasti ketemu macet dan pastinya capek. Apalagi buat emak-emak kayak saya, liburan itu bukan soal nyari tempat yang keren, kuliner yang enak dan bisa foto-foto di tempat yang instagrammable, tapi soal bisa leyeh-leyeh ga ngerjain apa-apa, hahahaa.. #MamakLelah Apalagi akhir tahun ini kami sekeluarga sibuk menyiapkan Kejurnas Pelajar Perisai Diri IV tahun 2018 . Saya dan pak suami adalah pelatih dari ranting Perisai Diri Panghegar Permai  yang sudah berjalan selama 2 tahun, alhamdulillaah. Kejurnas kali ini mamak jadi panitianya, pak suami juga terlibat sebagai wasit juri, kami berdua melatih anak-anak yang akan bertanding juga, jadi super duper rempong sekali. Begitu kejuaraan selesai, hal yang paling ingin dilakukan adalah bersantai ria bersama keluarga. Tujuan liburan adalah kota Cimahi, deket banget lah dari Bandung, dari Gede Bage ke Baros lewat tol cuma 1 jam sajah. Men

Ini Ceritaku, Pengalaman Operasi Usus Buntu

Credit: https://images.medicinenet.com/images/slideshow/abdominal-pain-s2a-photo-of-pain-area-and-internal-abdominal-organs.jpg Bismillaah.. Tujuan menulis ini hanya ingin berbagi.. semoga bisa menjadi pelajaran yang baik untuk teman-teman semuanya yang membaca.. Baru sembuh dari Chikungunya, lalu terkena usus buntu.. Masya Allah yaa.. Sedang dirontokkan dosa-dosaku oleh Allah dengan ujian sakit ini sepertinya.. aamiiin.. yaa robbal alamiin.. Koq bisa kena usus buntunya? Padahal rajin minum air putih, rajin makan sayur dan buah, rajin olah raga.. Qadarullaah.. namanya harus sakit, ya sakitlah.. Apa mungkin karena suka banget makanan pedas?? Menurut penelitian, makanan pedas bukan penyebab usus buntu, meskipun memang dianjurkan untuk ga makan makanan pedas, tapi karena untuk menghindari perih di perut dan diare.. Penyebabnya adalah terjebaknya sisa makanan di usus buntu dan terperangkap disana.. Lalu bakteri dengan cepat berkembang dan mengakibatkan infeksi dan peradan

Pengikut